Blog Kumpulan Artikel Menarik dan Foto Hot Cewek Cantik

Kumpulan artikel menarik dan foto asyik dari seluruh penjuru dunia..

Puspawarna, Lagu Gamelan Jawa yang Mengudara di Luar Angkasa


Puspawarna, dalam bahasa jawa artinya bermacam-macam bunga.Rekaman gendhing Puspawarna yang dimainkan oleh gamelan kraton Paku Alaman, Yogyakarta.

Lagu baru will.i.am- Reach For The Stars,diputar pertama kal di Planet Mars.
Itulah salah satu topik yang menarik di industri musik, bagaimana tidak sebuah lagu yang notabenenya diciptakan manusia untuk penikmat musik bumi, ternyata malah di premiere kan di planet Mars.

Bangga? Sudah pasti penyanyi berkulit hitam tersebut berbangga diri, toh lagunya bisa berhasil di premiere kan di dunia "lain", lalu Indonesia kapan? Pertanyaan itu sederhana untuk dijawab, will.i.am mungkin berbangga diri di planet Mars, tapi Indonesia lebih hebat lagi, lagu serta Bahasa Indonesia bahkan diputar di luar angkasa, yang notabenenya memiliki jangkaun lebih luas.
Puspawarna (Bahasa Jawa: "bermacam-macam bunga"), adalah lagu Indonesia yang diputar di luar angkasa lewat satelit Voyager di tahun 1977.

Puspawarna, dalam bahasa jawa artinya bermacam-macam bunga. Lagu ini adalah salah satu komposisi gamelan yang terkenal di Jawa Tengah. Gendhing ini memiliki jenis kendhangan ketawang, dan dapat dilagukan dalam laras slendro maupun pelog. Lagu ketawang Puspawarna biasanya dibunyikan untuk tanda masuknya pangeran. Juga dapat digunakan sebagai bagian dalam mengiringi tarian tertentu, misalnya. Liriknya mengacu pada berbagai jenis bunga, yang melambangkan beragai macam suasana / rasa / nuansa. Lirik dan melodinya dipersembahkan untuk Pangeran Mangkunegara IV Surakarta (1853 - 1881), untuk mengenang istri dan selirnya.
– Wikipedia

Pada tahun 1977, NASA meluncurkan sebuah pesawat bernama Voyager 1. Misi pesawat tanpa awak ini adalah untuk meneliti heliosheath. Nah, dalam misi penerbangan ini, NASA mengikut sertakan sebuah Piringan Emas Voyager, yang isinya musik, suara-suara serta gambar-gambar pilihan yang bertujuan menggambarkan keanekaragaman makhluk hidup dan budaya di Planet Bumi.
Loh buat siapa gan? Piringan emas itu ditujukan untuk manusia bumi pada masa depan yang mungkin gak sengaja nemuin piringan ini nanti atau bentuk kehidupan lain di luar angkasa a.k.a Alien gan

Rekaman gendhing Puspawarna yang dimainkan oleh gamelan kraton Paku Alaman, Yogyakarta, diarahkan oleh KRT Wasitodipuro (sekarang KPH Notoprojo) dan direkam oleh Robert E Brown

Bukan hanya lagu Indonesia tapi terdapat juga lagu-lagu dari berbagai negara termasuk Papua Nugini yang juga di perdengarkan di luar angkasa. Jadi Indonesia harus berbangga diri karena lagu dan bahasanya dikirim ke luar angkasa.

Jadi intinya, dunia Internasional (bahkan di era 70an) aja mau promosiin budaya Indonesia sampe ke Alien, masa kita anak muda cuma ongkang2 kaki doang gan?
Mari kita lestarikan Budaya Indonesia gan

Salam,


-http://www.tribunnews.com/2012/09/02/lagu-indonesia-yang-mengudara-pertama-kali-di-luar-angkasa
-Wikipedia
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tahukah Anda dengan judul Puspawarna, Lagu Gamelan Jawa yang Mengudara di Luar Angkasa. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://eruelbeliever.blogspot.com/2012/09/puspawarna-lagu-gamelan-jawa-yang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Rule De Law - Minggu, 02 September 2012

Belum ada komentar untuk "Puspawarna, Lagu Gamelan Jawa yang Mengudara di Luar Angkasa"

Poskan Komentar