Blog Kumpulan Artikel Menarik dan Foto Hot Cewek Cantik

Kumpulan artikel menarik dan foto asyik dari seluruh penjuru dunia..

Dampak Buruk Pernikahan Dini


Pernikahan dini atau kimpoi muda adalah pernikahan yang dilakukan oleh pasangan ataupun salah satu pasangannya masih dikategorikan anak-anak atau remaja yang berusia dibawah 19 tahun.

Pernikahan dini bukanlah merupakan sesuatu yang baru di Indonesia, alasannya pun berbagaimacam, misalnya masalah ekonomi, rendahnya pendidikan, pemahaman budayadan nilai-nilai agama tertentu, karena hamil terlebih dahulu (kecelakaan atau populer dengan istilah married by accident ), hal ini menyebabkan masalah inimenjadi rumit dan sulit dicari pemecahannya.

Di Indonesia pernikahan dini berkisar 12-20% yang dilakukan oleh pasangan baru. Biasanya, pernikahan dini dilakukan pada pasangan usia mudausia rata-rata umurnya antara 16-20 tahun. Secara nasional pernikahan dini dengan usia pengantin di bawah usia 19 tahun sebanyak 34,5%.
Berbagai dampak pernikahan dini atau perkimpoian dibawah umur dapatdikemukakan sebagai berikut :

Dampak terhadap hukum, adanya pelanggaran terhadap :

a. UU No. 1 tahun 1974 tentang PerkimpoianPasal 7 (1) Perkimpoian hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapaiumur 19 tahun dan pihak wanita sudah mencapai umur 16 tahun.Pasal 6 (2) Untuk melangsungkan perkimpoian seorang yang belummencapai umur 21 tahun harus mendapat izin kedua orang tua
b. UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Pasal 26 (1) Orang tua berkewajiban dan bertanggung jawab untuk:mengasuh, memelihara, mendidik dan melindungi anak 1.) menumbuhkembangkan anak sesuai dengan kemampuan, bakat dan minatnya dan; 2.)mencegah terjadinya perkimpoian pada usia anak-anak.
c. UU No.21 tahun 2007 tentang PTPPO (Pemberantasan Tindak PidanaPerdagangan Orang )

Amanat Undang-undang tersebut di atas bertujuan melindungi anak, agar anak tetap memperoleh haknya untuk hidup, tumbuh dan berkembang sertaterlindungi dari perbuatan kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi


Dampak biologis
Anak secara biologis alat-alat reproduksinya masih dalam proses menujukematangan sehingga belum siap untuk melakukan hubungan seks denganlawan jenisnya, apalagi jika sampai hamil kemudian melahirkan. Jikadipaksakan justru akan terjadi trauma, perobekan yang luas dan infeksi yangakan membahayakan organ reproduksinya sampai membahayakan jiwa anak.Patut dipertanyakan apakah hubungan seks yang demikian atas dasar kesetaraan dalam hak reproduksi antara isteri dan suami atau adanya kekerasanseksual dan pemaksaan (penggagahan) terhadap seorang anak

Dampak Psikologis
Secara psikis anak juga belum siap dan mengerti tentang hubungan seks,sehingga akan menimbulkan trauma psikis berkepanjangan dalam jiwa anak yang sulit disembuhkan. Anak akan murung dan menyesali hidupnya yang berakhir pada perkimpoian yang dia sendiri tidak mengerti atas putusanhidupnya. Selain itu, ikatan perkimpoian akan menghilangkan hak anak untuk memperoleh pendidikan (Wajar 9 tahun), hak bermain dan menikmati waktuluangnya serta hak-hak lainnya yang melekat dalam diri anak

Dampak Sosial
Fenomena sosial ini berkaitan dengan faktor sosial ekonomi dan budayadalam masyarakat patriarki yang bias gender, yang menempatkan perempuan pada posisi yang rendah dan hanya dianggap pelengkap seks laki-laki saja.Kondisi ini sangat bertentangan dengan ajaran agama apapun termasuk agamaIslam yang sangat menghormati perempuan (Rahmatan lil Alamin). Kondisi inihanya akan melestarikan budaya patriarki yang bias gender yang akanmelahirkan kekerasan terhadap perempuan. Untuk faktor sosial ekonomi antaralain remaja harus keluar dari sekolah karena hamil dan harus bekerja, sehinggaakan terhambat karirnya.

Dampak perilaku seksual menyimpang
Adanya perilaku seksual yang menyimpang yaitu perilaku yang gemar berhubungan seks dengan anak-anak yang dikenal dengan istilah pedofilia.Perbuatan ini jelas merupakan tindakan ilegal (menggunakan seks anak)

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15601903
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Lifestyle dengan judul Dampak Buruk Pernikahan Dini. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://eruelbeliever.blogspot.com/2012/07/dampak-buruk-pernikahan-dini.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Rule De Law - Selasa, 24 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "Dampak Buruk Pernikahan Dini"

Poskan Komentar